Cara Mudah Mengingat Sesuatu



            Sebelumnya mari kita sedikit mengetahui karakter otak manusia. Pada dasarnya, otak yang dimiliki manusia bisa menyimpan memori bahkan ingatan yang lebih lama jika dibantu dengan gambaran atau Visualisasi yang sesuai.

            Otak kiri manusia dicirikan karakteristik yang berhubungan dengan kemampuan logis, analisis, urutan, rasional dan objektif . Dengan karakterisitik tersebut, orang yang dominan dalam menggunakan otak kiri cenderung mempunyai pendekatan rasional terhadap kehidupan.

            Di lain sisi, karakteristik yang terkait otak kanan adalah intuitif, subjektif, acak, holistik dan sintesis. Dengan karakteristik seperti ini, orang yang lebih dominan dalam menggunakan otak kanan cenderung untuk lebih kreatif daripada orang yang dominan otak kiri. Orang yang lebih didominansi otak kanan lebih menyukai aspek visual, musik, seni, dan imajinasi.

            Lebih singkatnya, otak manusia yang digunakan dalam menyimpan memori terbagi menjadi dua bagian, yaitu otak kiri yang memuat perhitungan, dan otak kanan yang berfungsi visual atau imajinasi.

            Anda pasti pernah bertemu dengan seseorang tapi lupa siapa namanya, ini dikarenakan otak lebih cepat dalam menyimpan informasi yang terlihat/jelas visualisasinya. Menghafal dengan mengulang-ulang kata atau kalimat itu masih kurang memiliki dukungan visualisasi.

            Dengan tambahan sedikit usaha dan kreatifitas, kita bisa bikin materi pelajaran yang tadinya bikin pusing dan mengesalkan karena susah dihafal jadi mudah dan menyenangkan. Yeaayy!

1. Apa gaya belajar kita?
            Cara pertama yaitu kita harus memahami bagaimana cara belajar kita. Susahnya mengingat materi pelajaran saat menghafal bisa jadi disebabkan oleh cara belajar kita yang enggak cocok dengan karakter kita. Jadi pertama-tama kenali dulu gaya belajar kita seperti apa. Apakah tipe visual, kinestetik atau audio. Setelah itu pilih cara belajar yang cocok.

·         Visual learner à lebih mengandalkan mata, lebih cepat mengingat apa yang dilihat. Jadi coba beri highlights buku pelajaran atau catatan kita dengan spidol atau stabilo warna warni. Jadi lebih menarik bagi mata dan mudah diingat.

·         Kinestetik learner à Selalu merasa suntuk dan lelah kalau duduk diam saat belajar. Jadi coba belajar sambil jalan-jalan keliling rumah. Atau belajar di tama, sambil sekali-kali jalan keliling.

·         Audio learner à lebih mengandalkan pendengaran alias lebih cepat mengingat apa yang didengar. Jadi coba baca materi pelajaran dengan cukup keras dan berulang. Bisa juga merekamnya, lalu memutarnya berulang-ulang atau melakukan tanya jawab dengan teman.

2. Be creative!
            Setelah memahami bagaimana tipe belajar kita, mulai lakukan beberapa trik supaya belajar menjadi mudah dan menyenangkan. Caranya dengan membuat jembatan keledai alias mnemonic, yaitu mengubah bentuk materi yang kita hafalkan agar bisa lebih lama bertahan di memori otak kita. Caranya yaitu:

  • Membuat Singkatan
  • Ubah materi Pelajaran Jadi Lirik lagu
  • Hafalkan dan nyanyikan berulang-ulang. Karena suka lagunya dan nadanya ada di memori kita, otak kita akan lebih mudah menerima dan menghafal lirik barunya
  • Buat Gambar Atau Bagan


       Buat gambar atau bagan dari materi pelajaran yang pengin kita hafalkan dan hubungkan dengan sesuatu yang gampang kita ingat. Misalnya hukum Archimides kita dihafal dengan menggambar gelas besar berisi air, dengan telur di dalamnya dalam posisi tenggelam, mengambang atau terapung. Jadi kita akan mudah ingat bahwa air punya daya tolak.

       Bisa juga merangkum catatan yang panjang lebar dengan membuat bagan. Misalnya catatan sejarah revolusi Indonesia, bisa dibuat bagan berbentuk timeline yang menerangkan semua kejadian secara berurutan berdasarkan waktu terjadi dan diberi keterangan yang penting saja. Jadi lebih enak dibaca.

3. Memory Sport
            Sebenarnya otak manusia itu seperti halnya otot. Jadi, apabila kita rajin berolahraga atau rajin mengolahragakan otot kita, tentu saja otot itu tersebut akan bertambah kuat. Begitupun dengan otak yang kita asah,  apabila kita rajin mengolah dan mengasah informasi pada otak kita, maka sudah pasti otak kita pun akan terbiasa. ingatlah prinsip berikut "Bisa Karena Biasa" Jika kita malas dan tidak pernah mau mengolahragakan otot / otak kita, sudah tentu otot / otak kita pun akan menjadi lemah. Jadi, sangat disarankan agar kita senantiasa mengolahragakan otak kita. 

            Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengolahragakan otak kita adalah dengan cara memory sport itu sendiri misal dengan Game yang dapat mengasah otak kita.

4. STORY SISTEM
            Story system adalah teknik mengingat informasi menggunakan cara menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yang lainnya untuk dijadikan sebuah cerita.

5. RELATION SISTEM
            Relation sistem adalah teknik mengingat informasi dengan cara menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yang lainnya secara terikat. Relation sistem ini sering digunakan untuk menghafal sebuah kalimat yang berpasangan seperti nama (sungai dan provinsinya), (nama negara dan ibu kotanya), dan berbagai jenis kalimat berpasangan lainnya.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment