File System : FAT, FAT32, ExFAT, NTFS, Extend



FILE SYSTEM
1.      FAT
a.       Pengertian
FAT     merupakan singkatan dari File Allocation Table (Table Alokasi Berkas) yang artinya sebuah sistem berkas pada komputer yang merupkan struktur table alokasi berkas sebagai cara beroperasi pada file tersebut.
FAT dikembangkan oleh Bill Gates dan Marc McDonald pada tahun 1976.  FAT banyak digunakan secara luas dalam sistem komputer.
b.      Kelebihan
-          Dapat berkerja pada sisem operasi yang berbeda.
c.       Kekurangan
-          Tidak adanya fitur keamanan,
-          Tidak ada fitur kompresi data,
-          Ukuran berkas maksimumnya sangat kecil.
-          Tidak da enkripsi data.


2.      FAT32
a.       Pengertian
FAT32 adalah versi sistem berkass FAT yang paling baru, yang diperkenalkan ketika Microsoft merilis Windows 95 OEM Service Release 2 (Windows 95 OSR2). FAT32 secara teroritis mampu mengalamati hingga 232 unit alokasi (4294967296 buah).
FAT32 menggunakan ukuran unit alokasi yang lebih kecil dibandingkan dengan sistem berkas FAT12/FAT16, sehingga FAT32 lebih efisien ketika diaplikasikan pada partisi yang besar (ukurannya lebih besar dari pada 512 Megabyte). Penghematan yang dilakukan oleh FAT32 dibandingkan dengan FAT16/FAT12 kira-kira adalah 20% hingga 27%. Windows 98 memiliki utilitas yang dapat digunakan untuk mengonversi partisi FAT16 menjadi FAT32 tanpa kehilangan data.

b.      Kelebihan
-          File System FAT32 telah didukung oleh hampir semua sistem operasi yang ada di seluruh dunia, mulai dari sistem operasi keluarga windows, linux bahkan mac OS. Format FAT32 merupakan format standart untuk partisi flashdisk dan SD Card.

c.       Kekurangan
-          Fst 32 hanya mendukung ukuran maksimal hingga 232 (4GB).
-          FAT32 tidak memiliki fitur enkripsi data.
-          Sangat rentan terhadap serangan virus karena tidak adanya fitur file permission,

3.      ExFAT
a.       Pengertian
exFAT merupakan singkatan dari Extend File Allocation Table atau seringkali disebut sebagai FAT64.  ExFAT merupakan sebuah sistem berkas propritary yang cocok untuk digunakan oleh media-media penyimpanan berbasis memori flash.
b.      Kelebihan
-          Performa untuk alokasi ruangan kosong dan penghapusan ditingkatkan karena file system ini memperkenalkan implementasi baru, yaitu Free Space Bitmap.
-          Mendukung fitur access control list (ACL), seperti halnya NTFS. Sayangnya, fitur ini belum didukung sepenuhnya di dalam Windows Vista Service Pack 1.
-          Mendukung Transaction-Safe FAT File System (sebuah fungsi opsional untuk Windows CE yang diaktifkan).
-          Memiliki ruangan tersendiri yang bisa digunakan oleh OEM untuk melakukan kustomisasi terhadap sistem berkas untuk karakteristik perangkat tertentu.
c.       Kekurangan
-          Perangkat yang menggunakan file system exFAT tidak bisa menggunakan kemampuan ReadyBoost milik Windows Vista (namun pada Windows 7, Microsoft sudah membuat file system exFAT yang baru dengan dukungan ReadyBoost).
-          Belum tersedia implementasi dalam proyek open source.
-          Tidak bisa diakses oleh sistem-sistem operasi Windows terdahulu, hanya Windows XP Service Pack 2, Windows XP sp3, Windows Server 2003 Service Pack 1, Windows Server 2003 Service Pack 2, Windows Vista Service Pack 1 atau Windows CE 6.0, Windows 7, Windows 2008, Windows 2008 R2.

4.      Extended (Linux)
A.    EXT2
a.       Pengertian
File system ini pertama kali dikenalkan pada januari 1993 yang ditulis oleh Remi Card, Thedore T. dan Stephen Tweedie. EXT2 merupakan sistem file yang paling ampuh di Linux dengan file data disimpan sebagai blok. Data blok ini mempunyai panjang yang sama dan meskipun panjangnya bervariasi diantara sistem file Ext2, besar blok tersebut ditentukan pada saat sistem file dibuat dengan mk2fs. Jka besar blok adalah 1024 bytes, maka file dengan besar 1025 bytes akan memakai 2 blok.
Sistem file Ext2 menyimpan data secara hirarki standar yang banyak digunakan oleh sistem operasi. Data tersimpan di dalam file, file tersimpan di dalam direktori. Sebuah direktori bisa mencakup file dan direktori lagi di dalamnya yang disebut sub direktori.

b.      Kelebihan
-          Maksimum ukuran file yang didukung oleh EXT2 adalah 2 Terabyte, dan volumenya bisa mencapai 4 Tb.
-          Mendukung dile system linux user, groups, dan permission(POSIX) dan juga mendukung kompresi file.
c.       Kekurangan
-          Ketika Shutdown secara mendadak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk recorver kembali.
-          Untuk melakukan clean up file system, biasanya EXT2 secara otomatis menjalankan utility e2fsck pada saat booting selanjutnya.
B.     EXT3
a.       Pengertian
Yaitu Pengembangan dari EXT2.
b.      Kelebihan
-                      Journaling
Waktu recovery jika shutdown mendadak tidak akan selama pada EXT2.
-                      Intergritas Data
EXT3 menjamin adanya integritas data setelah terjadi kerusakan atau unclean shutdown.
-                      Kecepatan : EXT3 memaksimalkan pergerakan head harddisk.
c.       Kekurangan
-          EXT3 membutuhkan memori yang lebih dan memperlambat operasi I/O.

5.      NTFS
a.       Pengertian
NTFS atau New Technology File System merupakan sistem berkas yang dibekalkan oleh microsoft dalam keluarga sistem operasi windows NT. Sistem berkas NTFS memiliki sebuah desain yang sederhana tetapi memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan keluarga sistem berkas FAT. NTFS menawarkan berbagai fitur seperti access control, fitur enkripsi serta toleransi terhadap kesalahan( fault tolerance).
b.      Kelebihan
-          NTFS bersifat extensible atau dapat diperluas dengan menambahkan sebuah fungsi yang baru didalam sistem operasi tanpa harus merombak desain secara keseluruhan.
-          NTFS mendukung sistem berkas terenkripsi, kompresi data, hard link, dan penamaan berkas dengan metode pengodean unicode (16-bit UCS2) hingga 255 karakter.
-          NTFS memiliki fitur unutk menampung lebih dari satu buah ruangan data dalam sebuah berkas atau juga disebut dengan alternate data stream.

c.       Kekurangan
-          Sistem operasi lama (win 9x dan ME) tidak mampu membaca file sistem NTFS.
-          Tidak semua sistem operasi mendukung format NTFS














                 



DAFTAR ISI




Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment